Sultra jadi Sentra Produksi Jagung Indonesia 

Home / Ekonomi / Sultra jadi Sentra Produksi Jagung Indonesia 
Sultra jadi Sentra Produksi Jagung Indonesia  ILUSTRASI - Tanaman Jagung (Foto: adept-pruellage)

TIMESSOLO, KENDARI – Produksi jagung yang baik, membuat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bertekad menjadikan daerah itu jadi sentra pengembangan dan produksi tanaman jagung di Indonesia.

Muhammad Nasir, Kepala Dinas Tanaman Pangan Sultra, di Kendari, mengatakan upaya itu sudah mendapat dukungan penuh dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

"Bahkan penanaman perdana jagung hibrida dilakukan langsung oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Konawe Utara," kata Muhammad Nasir, Minggu (15/1/2017).

Dirinya merasa yakin target produksi dapat tercapai berkat dukungan langsung dari Menteri Pertanian. Terbelih lagi pemerintah pusat yang akan menyediakan bibitnya.

"Setiap kabupaten kota ditantang untuk berlomba menanam jagung. Berapapun luasannya maka pemerintah pusat siap menyediakan bibitnya," tambahnya.

Kini, kata Nasir semua daerah di Sultra menyambut baik tantangan Menteri Pertanian untuk berlomba-lomba tanam jagung yang selama ini dianggap remeh oleh petani.

Selain soal bibit, bentuk dukungan dari pemerintah berupa kepastian pasar paska panen. "Masalah pasar dan harga tidak perlu dikhawatirkan karena pemerintah melalui Perum Bulog sudah memberikan jaminan harga dan jaminan pasar. Berapapun hasil panen siap dibeli Bulog," katanya.

Nantinya pemerintah juga membangun  beberapa gudang penampungan produksi jagung di beberapa daerah di Sultra.

"Berdasarkan laporan dari Bulog, mereka sudah membangun dua gudang di Muna Barat dan Konawe, selanjutnya menyusul lagi empat gudang yakni di Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka Timur dan Kolaka Utara," katanya.(*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com