Ini Inovasi Berbasis IT Terbaru di Polresta Sidoarjo

Home / Berita / Ini Inovasi Berbasis IT Terbaru di Polresta Sidoarjo
Ini Inovasi Berbasis IT Terbaru di Polresta Sidoarjo Kapolresta Sidoarjo, Kombespol M. Anwar Nasir saat memberi keterangan kepada wartawan. (Foto: Istimewa)

TIMESSOLO, SIDOARJO – Polresta Sidoarjo terus melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Sidoarjo.

Kali ini Polresta Sidoarjo menyiapkan fasilitas Command Center (CC) atau Pusat Kendali yang merupakan pusat penampungan laporan-laporan masyarakat Kota Delta.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat, Kapolresta Sidorjo, Kombespol M Anwar Nasir juga akan meluncurkan inovasi pelayanan publik berbasis IT yakni aplikasi "Polisi Sidoarjo". 

"Aplikasi Polisi Sidoarjo akan menampung laporan masyarakat melalui Gadget yang langsung direspon oleh anggota kami yang paling dekat dengan lokasi kejadian yang dilaporkan masyarakat tersebut," terang Kombespol Anwar Nasir kepada TIMES Indonesia, Kamis (12/1/2017).

Lebih jauh, Nasir menjelaskan jika aplikasi ini akan terhubung langsung ke server utama yang membuat laporan yang masuk secara otomatis tersebar ke anggota Polresta.

"Saya contohkan bila ada laporan kemacetan di daerah Waru, maka anggota lantas yang berada di kawasan waru akan langsung turun mengurai kemacetan di daerah tersebut. Begitu juga bila ada laporan kejahatan atau tawuran langsung akan di respon anggota reskrim yang dekat dengan lokasi atau Polsek setempat," paparnya.

Mantan Kapolres Nganjuk ini menambahkan, adanya CC sebagai pusat kendali maupun pusat penampungan laporan warga ini, sebagai implikasi peningkatan tipe dari Polres menjadi Polresta.

"CC untuk semakin memudahkan pelayanan kepada warga Sidoarjo. Selain sebagai penampungan laporan, CC ini juga berfungsi sebagai pengawas polisi. Dengan demikian, posisi seluruh aparat bisa terpantau, sehingga memudahkan koordinasi anggota Polresta," ucapnya.

Inovasi baru pelayanan publik Polresta ini, tegas Anwar Nasir akan diwujudkan di tahun 2017 ini. Menurutnya, inovasi  ini akan melengkapi fasilitas SKCK Online (SO) dan SKCK Online Keliling  (SOK) yang sudah beroperasi tahun 2016 kemarin.

"Fasilitas SO dan SOK yang kami launching tahun 2016 lalu sudah dimanfaatkan masyarakat cukup dengan mengakses situs skckonlinesidoarjo.net, warga bisa mengurus sendiri SKCK tersebut, tak sampai 30 menit setelah data diisi, SKCK-nya warga langsung jadi. Efisien, mudah, praktis dan yang utama menghindari pungli," pungkasnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com